Turishappy

Makan Happy

Lima Tempat Makan Enak Di Tegal

Kota Tegal, Jawa Tengah dahulu seringkali hanya menjadi tempat persinggahan atau transit semata. Tapi, seiring perkembangan pembangunan, Tegal menjelma menjadi salah satu tempat yang juga menjadi destinasi wisata. Apalagi, dengan hadirnya jalan Tol yang walaupun keluarnya di Brebes Exit, tapi letaknya hanya lima menit saja dari kota Tegal.

Tak hanya menjadi destinasi wisata alam dan sejarah, Tegal juga memiliki kekayaan kuliner, hingga pantas rasanya menjadi salah satu destinasi wisata kuliner. Ini dia lima tempat makan pilihan TurisHappy saat ke Tegal. Siapkan perut juga uang tunai ya… karena kebanyakan tempat makan di sini belum menerima pembayaran dengan debet.

Sebentar… sebentar… sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, tahan air liur dahulu yaaa……

Buat yang belum tahu, Tegal itu terbagi antara dua wilayah pemerintahan, yaitu kota Tegal yang beribukota Tegal, dan Kabupaten Tegal yang beribukota di Slawi. Letak dua wilayah ini sebenarnya juga tidak terlalu jauh. Makanya, ada beberapa kuliner yang saya coba di kota Tegal dan sisanya di kabupaten Tegal, Slawi. Apa saja sih kuliner khas Tegal itu??? ini dia….

Lokasi : Jalan Tirus

Pertama tentu saja sate kambing. Kenapa saya menempatkan sate kambing di urutan teratas kuliner Tegal? Karena wajib banget makan sate kambing di sini. Kambingnya tuh khas. Dan hanya kambing di bawah usia lima bulan, bahkan tiga bulan yang menjadi bahan utamanya. Salah satu daerah yang menjadi sentra warung sate kambing adalah di jalan Tirus yang letaknya tak jauh dari Pacific Mall Tegal. Ada banyak warung makan di sini, dan sepanjang pengetahuan saya, semuanya sama enaknya.

Sate kambing yang empuk dan jauh dari bau prengus

Di salah satu warung sate yang saya singgahi, saya merasakan petualangan lidah luar biasa. Daging kambing yang dibakar tidak terlalu hangus, kemudian disantap dengan campuran sambel kecap dengan potongan cabe rawit, bawang merah dan tomat. Proses karamelisasi antara daging dan sambal kecap membawa lidah saya ke kenikmatan sempurna.

Sop Kambing Dengan Potongan Daging Dan Tulang Muda

Petualangan lidah di warung sate ini makin lengkap dengan menyantap sop kambing serta gule kambing. Jika sopnya berisi potongan daging serta tulang muda, gule kambingnya berisi daging serta jeroan yang dibalut dengan santan encer. Nikmat luar biasa…. saran saya sih tidak perlu makan menggunakan nasi agar bisa lebih banyak porsi sate yang disantap. Atau kalau makan dengan nasi, sebaiknya kurangi porsi dagingnya ya…. Untuk melengkapi kenikmatan, tutup petualangan lidah dengan menyesap teh poci wasgitel….

Lokasi : Jalan Talang

Sauto adalah hidangan soto khas Tegal. Apa yang membedakan Sauto dengan soto lainnya? tentu di kuahnya. Pada sauto, kuahnya dicampur dengan tauco khas Tegal yang nikmat. Setidaknya beberapa kali saya mencoba mencicipi Sauto di Jakarta, rasanya tak senikmat Sauto di Tegal. Salah satu Sauto yang wajib dicoba adalah Sauto Sedap Malam yang terletak di jalan Talang. Kuahnya sangat pekat dengan bumbu Tauco, porsinya cukup besar. Kalau saya sih, satu porsi saja sudah cukup kenyang. Lihat saja isiannya banyak banget….

Sauto Sedap Malam Tegal

Untuk campuran Sauto di Sedap Malam ini ada yang isiannya daging ayam, sapi atau jeroan. Meski tempatnya tergolong sederhana, Sauto Sedap Malam ini sangat ramai pengunjung. Lihat saja pikulan yang disediakan untuk meracik isian Sauto.

Satu Porsi Sauto Sedap Malam dihargai Rp. 15 ribu/mangkok

Lokasi : Pasar Senggol, Depan alun-alun

Salah satu tempat makan Sauto yang juga saya cicipi saat berada di Tegal adalah sauto Moro Seneng Gang Senggol. Dan lokasinya benar-benar berada di Gang Senggol. Letaknya berada di belakang Pos Polisi yang ada di Alun-alun kota Tegal. Berbeda dengan Sauto Sedap Malam, di Sauto Moro Tresno juga tersedia sate kambing muda, ditambah dengan tempatnya yang jauh lebih luas dan terbuka.

Lokasi Sauto Moro Seneng Pasar Senggol Tegal

Berbeda dengan Sauto Sedap Malam, Sauto di Moro Seneng ini porsinya lebih kecil dan kuahnya tidak terlalu kental dengan tauco. Dan,  lidah saya sih lebih cocok dengan Sauto Moro Seneng ini karena kuahnya yang tidak terlalu pekat. Oiya, satu porsi Sauto di sini harganya hanya 15 ribu rupiah saja….

Lokasi : Pangkah, Slawi

Kalau berada di Tegal dan ingin makan di restauran yang sejuk, luas dan tenang, Lesehan Pari Gogo bisa jadi salah satu pilihan. Saat masuk ke restauran ini, pengunjung akan diarahkan ke area lesehan yang luas dan banyak. Karena banyak ditanami pepohonan, dan sejumlah kolam membuat udara di sini cukup sejuk. Berbeda banget dengan cuaca Tegal yang cenderung panas.

Suasana di Lesehan Pari Gogo

Untuk makanan yang disiapkan cukup banyak sih. Saat itu, saya memesan ikan gurame goreng, udang telur asin, tumis toge, dan tempe mendoan. Dari semua menu, yang agak gagal menurut saya adalah udang telur asin yang malah cenderung mirip udang goreng tepung. Karena tempatnya cukup nyaman, harga makanan di sini pun standar harga Jakarta. Tapi… yang paling menyenangkan di sini menurut saya adalah toilet dan Mushollahnya yang bersih banget. Usai makan, melihat-lihat kolam ikan sambil leyeh-leyeh di lesehan… duh bikin betah 🙂

MakanHappy di Pari Gogo, Habis sekitar 15oribuan

Lokasi : Depan Rumah Dinas Bupati Tegal, Slawi

Salah satu makanan yang baru pertama kali saya coba saat di Tegal adalah Nasi Megono. Jadi, Nasi Megono ini adalah nasi yang diatasnya diberi campuran nangka muda, parutan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya, diberi tambahan tempe mendoan. Dan jika suka ditambah ayam goreng, daging atau menu lainnya.

Nasi Megono yang saya coba ini berada di depan rumah dinas Bupati Tegal, di Slawi. Lokasinya sangat strategis dan tempatnya juga cukup nyaman. Sayang, saya tak sempat memotretnya karena keburu lapar.

Nah… itu cerita MakanHappy saya selama berada di Tegal. Kalau kamu suka yang mana sih??? Cerita dong….

Get More Info From TurisHappy…

INSTAGRAM, TWITTER, FB FANPAGE

 

 

8 Comments Lima Tempat Makan Enak Di Tegal

  1. Retno

    dari fotonya keliatan enak-enak banget makanannya… sauto belum pernah makan, kalau nasi megono sudah pernah, enak gurih…

    Reply

Leave A Comment