Turishappy

Makan Happy

Kuliner Jakarta Utara : Dapur Seafood Pantai Mutiara, Pluit

Hembusan angin laut menyambut saya saat tiba di Dapur Seafood, yang terletak di perumahan Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Letak restauran hidangan laut ini memang dekat dengan pantai, hingga aroma laut dan hembusan angin akan menyambut dengan setia. Tapi, jangan khawatir, tak ada bau amis atau pemandangan sampah kotor seperti yang biasa nampak di pantai yang ada di Jakarta. Sebaliknya, pemandangan menuju Dapur Seafood ini bersih dan rapih, karena terletak di dalam perumahan. Dapur Seafood Pantai Mutiara ini memang baru dibuka, dan dapur Seafood yang dahulu ada di kawasan Pantai Indah Kapuk telah ditutup.

Saat memasuki bangunan tiga lantai ini, cuaca panas khas laut sirna sudah. Berganti dengan kesejukan di dalam ruangan. Apalagi, saat memasuki deretan kursi makan, pengunjung akan disuguhi pemandangan akuarium berisiย  ikan dan hewan laut yang hidup, kesegaran khas Dapur Seafood.

Berbeda dengan dapur Seafood dahulu, Dapur Seafood yang terletak di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara ini menasbihkan dirinya sebagai “The First Bistro Seafood at Jakarta”.ย  Karena bukan sekedar makan di resto seafood biasa, karena tempat ini bisa menjadi venue pernikahan, rapat, reuni, arisan atau bahkan acara besar apapun. Saya sempat melihat-lihat di lantai dua dan tiga. Saat itu, di lantai dua tengah dipersiapkan untuk acara pernikahan. Dan di lantai tiga, untuk acara private, karena disediakan ruangan-ruangan private.

Suasana Di Lantai Satu Dapur Seafood

Ornamen Sangkar Lampu Yang Khas Dari Dapur Seafood

Suasana Di Lantai Dua Saat Pesta Pernikahan

Yang menyenangkan dan membuat Dapur Seafood beda dari tempat makan Seafood lainnya adalah pemandangan laut dan yacht yang dimiliki warga yang tinggal di sekitar Dapur Seafood. Buat background foto oke banget lah ๐Ÿ™‚

ย 

Karena banyaknya menu yang wajib banget dicicipi, saya sampai bingung menjawabnya. Oke, dimulai dengan makanan pembuka berupa Spring Roll.

Spring Roll Dapur Seafood

Selain Spring Roll, ada juga Tahu crispy yang kebangetan enaknya. Aselik… enak banget. Tapi, saya ngga mau makan appetizernya banyak-banyak, soalnya mau makan yang lain kan…

ย  Tahu Crispy Dapur Seafood

Selain appetizer, saya memesan Mediterania Punch. Minuman segar khas Dapur Seafood yang terdiri dari sirup lemon, jeruk lemon, wortel dan strawberry. Rasanya??? Suegerr banget….

ย  Mediterania Punch Dapur Seafood

Untuk pilihan main course alias hidangan utamanya banyak banget yang bisa dicoba. Kalau mau makan ramai-ramai dengan aneka macam menu, coba Seafood Platternya yang berisi tumis kangkung, kerang hijau, kerang macan, udang, cumi, gurame dan kepiting. Banyak dan dijamin kenyang ๐Ÿ™‚

Seafood Platter Dapur Seafood

Namanya Dapur Seafood, kalau ngga makan ikan kayaknya ngga afdol ya. Ikan di sini pun ada aneka macam dan bisa dimasak sesuai selera. Ada Baronang sambal matah, Gurame Pasir Emas, atau mau dimasak dengan bumbu khas Dapur Seafood? Bisa….

Aneka Menu Ikan di Dapur Seafoodย 

Tidak hanya menyediakan seafood, di sini juga ada Spaghetti dan Pizza yang tentunya juga berasal dari hidangan laut.

Pizza di Dapur Seafood

Spaghetti Sauce BlackPepper Dengan Suwiran Daging Kepiting

Spaghetti Dengan Potongan Ikan. Sausnya So creamy…

Oke, di dapur Seafood memang banyak banget makanan yang wajib dicicipi. Tapi… hidangan andalan yang juara banget di sini adalah…. Giant Crab!!!! alias kepiting raksasa berukuran minimal satu kilogram. Kenapa Giant crab ini wajib banget dicicipi? Karena langka. Biasanya kepiting yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan atau Papua ini justru diekspor ke luar negeri. Sehingga penggemar seafood di Indonesia jarang sekali bisa menikmatinya. Tapi, jangan sedih, di Dapur Seafood disiapkan giant crab dengan berbagai macam rasa.

Giant Crab Saus BlackPepper

Giant Crab Saus Padang, Pedasnya Maknyosss

Giant Crab Saus Telur Asin…. Bikin Ngga Berhenti Makan

Giant Crab Saus Singapore Yang Disajikan Bersama Roti Mantau

Mencicipi giant crab adalah pengalaman baru bagi saya, karena daging kepitingnya sangat lembut, banyak dan bumbunya meresap sempurna. Tapi…walau disajikan giant crab di depan mata begini, saya harus mawas diri. Maklum, asam urat, kolesterol tengah tak bersahabat dengan saya. Maka, cukuplah saya menikmati sepotong daging kepiting dengan rasa mendekati sempurna ini.

Petualangan lidah di Dapur Seafood benar-benar berkesan bagi saya. Kali pertama makan hidangan laut dengan pemandangan laut serta yacht di depannya, ditambah dengan aneka hidangan laut yang dimasak dengan bumbu pilihan. Benar-benar MakanHappy….

Sedikit masukan bagi saya adalah manajemen Dapur Seafood menyediakan Mushollah di tempat yang tidak terlalu tinggi. Saat saya ke sana, Mushollah ada di rooftop dan cenderung panas saat siang hari. Mungkin, karena proses renovasi belum selesai ya… mudah-mudahan di kunjungan saya selanjutnya, Mushollah yang disediakan lebih nyaman.

Nah, ini petualangan lidah saya di Dapur Seafood. Tertarik mencoba??? langsung aja datang ke alamat berikut ya….

DAPUR SEAFOOD
JL. Pantai Mutiaraย  Blok TG NO 7
JAKARTA UTARA
021 6677000 โ€“ 081326677000
Instagram : @DapurSeafood

Salam #MakanHappy.

TurisHappy

Get More Info From TurisHappy…

INSTAGRAM, TWITTER, FB FANPAGE

12 Comments Kuliner Jakarta Utara : Dapur Seafood Pantai Mutiara, Pluit

  1. Ivonie

    Tempatnya asyik banget mbak.
    Aduh menunya nampak enaak semua, mana ada seafood yg gak enak ya.
    Kepitingnya bok, bikin nelen ludah siang2 pas laper gini mbak hahahaha

    Reply
  2. Sashy

    biasanya nggak tertarik liat kepiting tapi foto-totonya mba memez ini bikin jadi pengen nyomot klepitingnya deh. Itu seafood platter rasanya pengen ak gotong bawa kepojokan dan dimakan sendiri hahahah amruk yak

    Reply

Leave A Comment